Nama :
Renita Helena
NPM :
25215762
Kelas :
1EB14
Dosen :
Sulastri
MatKul :
Perekonomian Indonesia
PENULISAN
Angkutan Umum Konvensional Vs Angkutan Umum Online
Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin berkembangnya zaman,
maka semakin berkembang pula sesuatu yang ada didunia ini. Salah satunya adalah
angkutan umum yang biasa digunakan masyarakat dalam kegiatan sehari – hari.
Alat transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mempermudah
kegiatannya dalam kehidupan sehari – hari ini telah banyak mengalami
perkembangan. Dari yang mana dulu kita hanya bisa menggunakan angkutan umum
hanya jika kita menghentikannya secara manual (konvensional) sampai saat ini
kita bisa memesan angkutan umum tersebut secara Media/ Aplikasi Online. Semakin
banyaknya angkutan umum berbasis Online ini pun menyebabkan banyaknya kontra
antara pihak angkutan umum konvensional dengan angkutan umum Online. Banyak
para pengendara angkutan umum konvensional yang merasa bahwa kehadiran angkutan
umum berbasis Online ini membawa pengaruh yang kurang meng-enak-kan bagi para
pengemudi angkutan umum konvensional. Banyak para pelanggan angkutan umum
konvensional yang berpindah menjadi lebih sering menggunakan jasa angkutan umum
Online untuk mengantarkannya kemana saja dibanding menggunakan jasa angkutan
umum konvensial, yang mana hal ini menyebabkan penghasilan para pengemudi
angkutan umum konvensional menjadi kurang atau menjadi lebih sedikit dari
sebelum adanya angkutan umum berbasis Online tersebut.
Dilihat dari sudut pandang para pengguna angkutan umum,
sebenarnya semakin banyaknya angkutan umum berbasis Online ini justru semakin
mempermudah masyarakat dalam kegiatannya sehari – hari. Apalagi sekarang
layanan angkutan umum semacam Go-Jek bukan hanya memberikan layanan untuk
mengantar penumpang sampai ketempat tujuan saja, banyak layanan – layanan yang
diberikan oleh Go-Jek seperti Go-Food, Go-Clean dan Go-Massage yang mana hal
ini memberikan kemudahan bagi masyarakat. Namun, banyaknya kontra yang
ditujukan untuk angkutan umum berbasis Online ini (yang mana kebanyakan dari
mereka adalah para pengendara angkutan umum konvensional) menyebabkan hal – hal
yang kurang baik. Seperti contohnya pada tanggal 23 Maret kemarin, para pengemudi angkutan
umum konvensional dimana yang dimaksud disini adalah para supir taksi “Blue
Bird” yang berdemo besar – besaran menolak adanya angkutan umum berbasis online
ini membuktikan adanya tenggang rasa/ kontra antar sesama supir. Padahal hal
tersebut justru malah yang dapat membuat kerugian bagi para perusahaan angkutan
umum konvensional itu sendiri dan dapat mencemarkan nama baik perusahaan itu
sendiri juga. Sebenarnya, jika para supir angkutan umum konvensional tidak
ingin tergeser oleh para angkutan umum berbasis online ini, seharusnya para
supir angkutan konvensional ini atau perusahaan angkutan konvensional ini tidak
harus saling kontra satu sama lain. Para supir dan perusahaan angkutan umum
konvensional bisa melakukan beberapa cara agar para pelanggannya tidak
berpindah hati ke angkutan umum berbasis online. Mungkin dengan tetap
mempertahankan pelayanan yang memang dari awalnya sudah cukup baik dan
memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan melakukan
perubahan – perubahan dan mencari tahu tentang apa yang sekiranya membuat para
penumpang lebih memilih angkutan umum online dibanding angkutan umum
konvensional dan menjadikannya motivasi untuk menjadi lebih baik.
Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa angkutan umum berbasis
online ini belakangan ini memang sudah menempati hati sebagian besar masyarakat
Indonesia. Mulai dari anak sekolah, Mahasiswa, para pegawai kantor, guru, dosen
dan lain sebagainya. Hal tersebut mungkin karena dalam pemikiran sebagian orang
pengguna angkutan umum berbasis online ini dengan menggunakan angkutan online
apapun menjadi lebih cepat. Kita tidak perlu berdiri dipinggir jalan atau
menunggu lama di halte untuk naik angkutan umum. Hanya dengan duduk manis
sambil membuka aplikasi angkutan umum online dan memesannya kita sudah bisa
pergi dengan angkutan umum tanpa harus menunggu. Tapi, baik angkutan umum
konvensional maupun angkutan umum online ini memang sangat membantu masyarakat
untuk berpergian sehari – hari. Hak kita jika kita lebih nyaman menggunakan
angkutan umum konvensional maupun agkutan umum online.
0 komentar:
Posting Komentar